Senin, 26 September 2016

kenapa kopi bisa bikin melek

assalamuallaikum wr wb.
teman-teman yang sedang mengerjakan tugas kuliah atau tugas kantor malam-malam gini enaknya sambil ditemani secangkir kopi panas ya,, agar anda tidak ngantuk dan lebih semangat dalam mengerjakan tugasnya. akan tetapi kita sering mendengar kalau kopi bisa  membuat kita susah tidur kenapa ya ?? nah kali ini Indahnya Berbagi akan memberikan info seputar kopi khususnya kenapa kopi bisa membuat kita melek??
hampir semua orang tahu kalau kopi bisa membuat Anda tetap melek karena didalam kopi mengandung kafein, kafein bisa memicu sejumlah reaksi kimia di dalam otak yang bertindak untuk membuat Anda tetap melek. Kafein bekerja dengan menghalangi kemampuan otak untuk menyerap adenosin, yang memperlambat aktivitas saraf, yang menyebabkan tubuh manusia untuk menjadi ngantuk.

Molekul kafein secara kimiawi mirip dengan adenosin tetapi, ketika menempel pada sel saraf, kafein tidak menyebabkan sel untuk memperlambat melainkan menghalangi reseptor saraf adenosin , yang pada gilirannya menyebabkan peningkatan tingkat aktivitas sel saraf. Peningkatan inilah yang menyebabkan tubuh anda untuk berpikir bahwa ada sesuatu yang salah dan kemudian tubuh akan berlanjut ke reaksi psikologi “Flight or Fight”  yaitu respon tubuh saat terancam, atau ada bahaya.  Akibatnya, tubuh akan aliran darah dengan adrenalin, yang meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung.

Hal ini juga meningkatkan laju aliran darah ke otot-otot dan melebarkan alveoli dan bronkiolus di paru-paru, yang semuanya menjaga tubuh manusia tetap terjaga. Dengan cara yang sama yang dilakukan oleh amfetamin (sejenis obat) , kafein juga meningkatkan tingkat dopamin pada tubuh, dopamin adalah suatu neurotransmitter yang merangsang fungsi otak dan menginduksi keseluruhan rasa nyaman, sehingga membuat Anda merasa lebih energik.
 Nah sudah tahukan kenapa kopi bisa membuat kita melek,,mungkin sekian dulu info  dari saya untuk hari ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita

1 komentar: