Jumat, 07 Oktober 2016

masalah pada printer dan cara mengatasinya

Assallammuallaikum wr wb.
kembali lagi dengan indahnya berbagi  maaf sebelumnya dalam beberapa hari ini off dan baru hari ini bisa ngeblog lagi. ok kali ini kita akan membahas tentang printer , terutama tentang masalah-masalah pada printer. Printer merupakan sebuah alat yang sangat dibutuhkan, terutama orang-orang yang selalu bekerja dengan komputer. tetapi mungkin ketika sedang mencetak sesuatu mungkin mengalami beberapa masalah yang menyebabkan terhambatnya pekerjaan anda, atau mungkin hasil yang diinginkan tidak sesuai dengan apa yang anda inginkan. berikut saya akan berikan penjelasan mengenai masalah-masalah pada printer dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Hasil cetak kurang tebal adanya bercak atau garis horisontal
Jika masalah pada printer ini terjadi, maka satu hal yang bisa dipastikan adalah print head milik anda mengalami kebuntuan. Masalah ini sering terjadi pada printer jenis inkjet. Printer jenis inkjet memang sering mengalami masalah kebuntuan head ketika jarang digunakan atau digunakan dengan frekuensi pemakaian yang rendah. Tidak usah bingung dan ragu, karena setiap printer telah dibekali dengan program perawatan (utility program). Program perawatan ini mampu membersihkan tinta yang kering, dan anda bisa mencobanya dengan mencetak test page untuk mengetahui apakah head sudah berjalan sesuai tugasnya.Untuk melakukan hal tersebut, setiap printer memiliki programnya sendiri-sendiri tergantung dari pihak produsennya. Yang pasti, anda bisa menekan menu Start dari Windows 7, lalu pilih Devices and Printers atau menu Control Panel dan cari aplikasi perawatan dari printer. Dengan melakukan hal tersebut, kemungkinan tinta yang kering menghilang semakin besar.

2.Printer sering memberikan peringatan tinta habis padahal tinta masih banyak
Terkadang perangkat lunak dari printer memberikan peringatan tinta habis, padahal tinta belum habis dan masih ada banyak tinta yang bisa digunakan. Masalah pada printer ini sering terjadi untuk printer inkjet dan tak jarang kita bingung bagaimana cara mengatasinya. Kami memberikan tips yang mungkin bisa saja berbahaya, namun tetap tidak ada salahnya untuk mencoba tips ini.
Jika masalah ini terjadi pada printer anda, anda bisa melakukan reset pada cartridges tinta. Reset pada cartridges tinta bisa saja membuat printer memuat ulang pengaturan awal pada printer

3.Kecepatan cetak yang menjadi lambat
Kecepatan cetak yang menjadi lambat, ini biasanya paling sering dialami oleh printer baik laserjet ataupun inkjet. Masalah printer ini ternyata bisa ditangani sendiri jadi anda tidak perlu buru-buru membawanya ke tukang servis. Cara mengatasinya adalah dengan menurunkan kualitas cetak. Pada saat kualitas cetak menurun, otomatis kecepatan cetak menjadi lebih cepat dan pengeluaran tinta yang menjadi lebih hemat. Dalam hal ini anda bisa menyetting pada menu printer dan pilih kualitas cetak.

4.Tugas cetak ke printer yang salah
Windows selalu mengirimkan tugas cetak ke printer yang salah, sehingga dokumen yang ingin dicetak tidak tercetak justru dokumen lain tercetak secara otomatis melalui perintah yang salah tadi. Untuk mengatasinya, anda bisa menekan tombol windows pada keyboard, kemudian pilih menu devices printers. Pada menu Printers and Faxes klik kanan pada printer yang anda inginkan kemudian pilih menu set as default untuk menjadikan printer sebagai printer utama. Dengan cara ini proses pengiriman tugas yang salah akan segera teratasi secara baik.

5.Pengeluaran tinta terlalu boros
Pengeluaran tinta terlalu boros, hal ini menjadi masalah bagi penggunanya. Dengan pengeluaran tinta yang boros maka biaya pengeluaran dalam membeli tinta juga menjadi boros. Untuk mengatasinya anda bisa membeli cartridge dengan kapasitas cukup besar. Supaya proses pengeluaran tinta tidak terjadi secara boros.

Itulah beberapa masalah pada printer anda yang mungkin sering anda alami, sekian dulu informasi mengenai printer mungkin cuma itu yang bisa saya sampaikan. semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar